Kelebihan Motor sport serta tips mengendarainya

by

Apa itu Motor sport?

Motor sport adalah jenis sepeda motor yang bertampang dan berpenampilan seperti motor balap atau memiliki performa diatas rata-rata sepeda motor jenis bebek atau skuter. Motor sport mempunyai banyak varian dari berbagai jenis dan kebutuhan. Contoh sepeda motor sport di Indonesia antara lain adalah Honda CBR150R, Honda CBR250RR, Yamaha Vixion, Yamaha YZF-R15, Yamaha YZF-R25, Suzuki A 100 dan Kawasaki Ninja 250R.

Motor Sport adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk penggunaan balap dan kecepatan tinggi. Pengemudi yang mengemudikan sepeda motor berjenis sport ini relatif membungkuk ke depan dan posisi kaki yang sedikit ke belakang, posisi tersebut digunakan pada sepeda motor seperti ini agar tekanan angin dari arah depan yang berlawanan tidak menghantam tubuh pengendara yang membuat sepeda motor ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Body sepeda motor seperti ini juga memiliki jarak yang dekat dengan tanah yang menyebabkan sepeda motor ini rendah, hal ini dikarenakan untuk menambah unsur aerodinamis sepeda motor pada kecepatan tinggi di sirkuit.

Apa keuntungan membeli motor sport? Ada beberapa yang berpendapat bahwa motor sport itu tidak cocok untuk semua orang. Kenapa bisa demikian? Kira-kira apa saja yang dipertimbangkan ketika kamu memilih motor sport? Tidak perlu bingung, kami akan membahasnya di sini. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan mengenai motor sport khususnya terkait dengan spesifikasi khusus yang tidak mungkin dimiliki oleh motor jenis lain.

Beberapa kelebihan Motor sport:

1. Tarikan dan Kecepatan

Kapasitas mesin besar, lincah, gesit, dan akselerasi yang mak-nyos merupakan ramuan yang tidak bisa ditinggalkan oleh yang namanya motor sport. Perbedaannya dengan motor bebek dan matik adalah, motor sport selalu identik dengan performanya yaitu kecepatan maksimal yang di atas rata-rata. Motor sport selalu dipersenjatai dengan kopling atau perpindahan gigi manual. Hal ini ditujukan untuk membantu pengendara dalam mengendalikan akselerasi. Pengendara bisa men-set titik dimana dia akan membawa motornya kepada performa yang lebih maksimal.

Untuk memaksimalkan performa kecepatan dan RPM yang tinggi, maka tidak jarang para produsen motor sport berlomba-lomba untuk memproduksi motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Bagi kamu yang suka memompa adrenalin tinggi, hal tersebut bisa didapat dari kecepatan motor sport.

2. Tangguh

Touring memang aktivitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang karena sangat identik dengan perjalanan jarak jauh. Dengan jarak yang ditempuh tersebut, pasti kendaraan yang sesuai adalah kendaraan yang memiliki ketahanan, mesin yang mumpuni, stabil, dan juga gesit. Untuk hal ini, memang sepertinya tidak ada pilihan lain kecuali motor sport yang sanggup memenuhi kebutuhan tersebut.

Sebaliknya, karena motor sport syarat dengan berat dan kopling manual, maka motor sport malah bisa sangat merepotkan untuk dikendarai dalam jarak dekat, terutama di pusat-pusat kota yang identik dengan kemacetan. Oleh karena itu, jika kamu hobi touring atau minimal sering melakukan perjalanan jauh, maka motor sport adalah pilihan yang paling cocok bagi kamu.

Perlu diingat, meskipun konsumsi bahan bakar motor jenis ini masih sulit untuk masuk golongan irit, akan tetapi soal perawatan malah relatif lebih mudah. Hal itu sangat mungkin mengingat motor sport memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding jenis motor lainnya seperti bebek dan matik. Banyak anggapan salah mengenai perawatan motor sport. Perawatan motor sport sama sekali tidak ribet apabila dilakukan pemeliharaan rutin. Yang biasa dilakukan adalah mengganti komponen-komponen fast moving saja seperti kampas rem, oli dan filter oli.

3. Gagah dan Stylish

Banyak orang akan setuju dengan poin ini. Motor sport pada umumnya memang lebih menonjolkan sisi-sisi maskulinitasnya. Hal itu bisa dilihat mulai dari ukuran, spesifikasi, dan desain khusus yang dimilikinya seperti striping yang keren, ukuran ban yang lebih lebar dan tebal, dan jok yang bertipe racing atau single seat. Desain tangki yang ada di depan membuat kamu terlihat gahar saat menaiki motor sport.

4. Pilihan Tepat

Setelah membahas beberapa kelebihan motor sport, masih ada sisi lain yang harus diketahui sehingga kamu tahu apa yang harus dipersiapkan sebelum benar-benar memutuskan untuk mencintai motor ini. Selain terkait dengan urusan kemacetan dan konsumsi bahan bakar yang bisa dibilang tidak murah untuk bisa menghidupi jagoan ini, penting juga untuk kamu mengetahui harga motor. Umumnya motor sport dibanderol dengan harga yang relatif lebih tinggi dengan jenis motor lainnya. Akan tetapi harga tersebut sepadan dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki.

5. Suku Cadang

Satu hal lagi, mengenai suku cadangnya. Untuk beberapa kasus sering terjadi kelangkaan suku cadang jenis motor sport seperti ini. Hal tersebut dikarenakan memang motor ini memiliki daya tahan kuat sehingga permintaan suku cadang menjadi rendah. Oleh sebab itu, bengkel biasanya melayani pembelian suku cadang dengan cara indent alias memesan. Hal tersebut tidak perlu dipusingkan karena produsen akan mencarikan suku cadang yang kamu butuhkan.

Motor sport yang memiliki body yang besar cenderung sulit untuk mengendalikannya, terutama dengan pemula. Meskipun secara desain dan performa sangat mencolok, tapi dibutuhkan keahlian untuk mengendalikannya.

Tips mengendarai Motor sport:

1. Memahami karakter motor

Kecenderungan motor besar yang sulit untuk digerakkan sesuai keinginan Anda memang benar adanya karena bobot yang cukup berat. Awali petualangan Anda dengan santai dan kenali terlebih dahulu karakter motor tersebut.

2. Fokus dan jaga konsentrasi

Motor sport memiliki kecepatan penuh yang tinggi sehingga Anda harus menjaga konsentrasi saat mengendarainya, jangan sampai hilang fokus karena sedikit saja, bisa sangat berbahaya, namun jangan tegang, usahakan untuk selalu rileks.

3. Berkendara dengan aman

Gunakan gear yang lengkap serta aman untuk meminimalisir dampak yang terjadi saat kecelakaan. Peralatan utama yang diperlukan antara lain helm yang baik, sarung tangan, sepatu, jaket, celana panjang, dan pelindung lutut serta siku.

4. Jangan lupa selalu mengecek kondisi kendaraan dan ban

Memeriksa fungsi-fungsi motor apakah layak jalan atau tidak, terutama rem motor, apakah berfungsi dengan baik. Selain itu jangan lupakan kondisi ban motor, apakah tekanannya, kembangnya, suhu bannya, serta gundul atau tidaknya.

5. Posisi

Usahakan agar posisi saat Anda berkendara sudah senyaman mungkin karena akan berpengaruh pada kemampuan untuk mengendalikannya dengan baik. Jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan di jalan, jangan berkendara dengan kecepatan yang terlalu tinggi, sesuaikan dengan jalanan yang sedang Anda hadapi.

Kesimpulannya, motor sport merupakan tunggangan yang sangat ideal bagi orang-orang yang menganggap bahwa performa dan ketahanan itu penting. Terlebih dilihat dari masih banyaknya masyarakat di Indonesia yang masih melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor. Dengan begitu, Motor sport merupakan solusi untuk mempermudah perjalanan kamu.

Bagaimana, apakah Anda tertarik memiliki Motor sport?

You may also like

article-image
blog

NASCAR melakukan inspeksi pada perubahan aturan

Dengan dimulainya musim baru 2017, Nascar melakukan pemeriksaan dan pencegahan model untuk penerapan aturan di garasi Piala. NASCAR sebelumnya telah mengumumkan serangkaian perubahan aturan.

Intinya aturannya adalah NASCAR akan mencoba untuk menangani hukuman di trek secara…

Leave a Comment

Your email address will not be published.