NASCAR, Balapan Mengerikan Sekaligus Digemari Di Dunia

by

National Association for Stock Car Auto Racing yang juga disingkat NASCAR adalah sebuah perusahaan keluarga yang didirikan sejak tahun 1947-48 oleh Bill France, telah menyelenggarakan berbagai macam balapan. Kini sang cucu, Brian France menjadi penyelenggar seri balap mobil terbesar di Amerika Serikat tersebut. Tiga seri balapan yang mewakilinya adalah Seri Piala, Seri Xfinity, dan Seri Truk.

Selain menyelenggarakan balapan di Amerika Serikat, Nascar juga telah merambah ke negara sekitarnya seperti Kanada, Meksiko dan bahkan Eropa. Di Asia, NASCAR juga menempatkan balapannya di Suzuka dan Motegi di Jepang. Di benua Australia sendiri, NASCAR diselenggarakan di Calder Park Raceway.

NASCAR mencatatkan dirinya sebagai olahraga yang paling banyak ditonton di televisi di Amerika Serikat. Meskipun faktanya, masih National Football League yang memiliki banyak penonton dibanding NASCAR, tetapi di luar Amerika NASCAR disiarkan hingga 150 negara. Tidak tanggung-tanggung, uang sponsorship dari perusahaan dialirkan kepada NASCAR melebihi ajang balapan terkenal lainnya seperti Formula Satu ataupun MotoGp.

Yang menjadi keunikan dari balap NASCAR, pembalap diperbolehkan untuk membeli mobil mereka sendiri dari perusahaan NASCAR. Perusahaan Nascar akan memberikan mobil balap untuk para pembalap sesuai dengan permintaan mereka. Mobil ini pastinya dirancang dari bahan terbaik dengan cara yang paling baik.

Seri NASCAR di Amerika Serikat

  • Seri Piala

Seri Piala menjadi seri tertinggi yang dirancang NASCAR dan menjadi yang paling populer dari semua seri NASCAR. Media memanggilnya “Piala” dan singkatan “NASCAR” untuk sinonim Seri Piala. Awalnya seri ini bernama “Strictly Stock”  dan dimulai pada tahun 1949. Namanya diganti menjadi seri “Grand National” sejak tahun 1950 yang bertahan sampai tahun 1970. Di tahun 1971 sampai 2003, namanya diganti lagi menjadi “Piala Winston” ketika disponsori utama oleh R.J. Reynolds Tobacco Company.

Nextel Communications datang di tahun 2004 dan melakukan kesepakatan dengan pihak NASCAR,  mengubah nama seri ini menjadi “Piala NEXTEL”. Hanya setahun, namanya langsung berganti menjadi “Sprint Nextel”, setelah Sprint Corporation melakukan merger di tahun 2005. Seri diganti menjadi “Seri Piala” di tahun 2008, dengan 12 pembalap yang diijinkan bergabung di dalamnya.

NASCAR melakukan perombakkan di tahun 2014, dengan memperluas jumlah pembalap sampai 16 pembalap. Seri perlombaan ini dirancang dengan mengeliminasikan empat pembalap setiapnya setelah empat lomba sampai didapatkan empat pembalap yang berhasil lolos ke final.

Seri ini melahirkan beberapa pembalap terhebat dalam balapan NASCAR yaitou Dale Earnhardt, Jimmie Johnson dan Richard Petty yang sukses mengantongi juara seri ini sebanyak 7 kali. Jimmie bahkan mencatatkan rekor dunia sebagai pembalap yang memenangi seri Piala selama lima musim berturut-turut. Pembalap termuda juga pernah mengukir namanya hingga saat ini yaitu Joey Logano.
Untuk seri utama ini, mobil yang diperbolehkan pun tidak tangung-tangung. Dengan mesin yang mempunyai tenaga sangat besar dan mencapai 860 daya kuda, mobil balap untuk seri ini bisa mencapai kecepatan lebih 200 mph (320 km/jam), tetapi berat dari mobil membuatnya tidak dapat segesit dari mobil Formula Satu.
  • Seri Xfinity

Image result for Seri Xfinity NASCAR

Seri yang memiliki rating paling tinggi kedua dalam NASCAR adalah Seri Xfinity.  Seri ini memberikan kewenangan khusus pada pembalap dari Seri Piala untuk memilih seri apa yang akan mereka ikuti untuk mendapatkan poin reguler untuk kejuaraan. Intinya pembalap dari seri Piala yang turun  di Seri  Xfinity tidak dicatat poinnya.

Pada musim 2010, mobil yang digunakan disesuaikan dengan model “Car of Tomorrow” (COT) yang biasanya  dipakai di Seri Piala. Beberapa pengamat akan menyambut baik seri ini dan berharap bisa mengurangi para pembalap Seri Piala yang turun di seri Xfinity.

  • Seri Truk

Seri Truk menjadi seri ketiga yang menarik dalam divisi dari NASCAR, memperlombakan kategori mobil pickup yang sudah dimodifikasi. Pada tahun pertama seri ini dimunculkan, memunculkan keanehan dimana banyak pembalap NASCAR bermunculan tetapi dalam kategori senior. Berdasarkan seiringnya waktu, seri ini pun melahirkan beberapa pembalap muda yang berkesempatan untuk lolos langsung ke Seri Piala tanpa harus menjalani Seri Xfinity terlebih dahulu.

Kecelakaan NASCAR

Selain menyuguhkan balapan bergengsi, NASCAR menjadi pelopor balapan yang memberikan tingkat ketegangan yang tinggi.  Jadi tidak heran, jika banyak dari penonton yang tidak akan terkejut jika seandainya terjadi kecelakaan dalam balapan NASCAR. Kecelakaan terjadi bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti kehilangan konsenstrasi dari pembalap ataupun sengaja dilakukan oleh pembalap untuk menyingkarkan rivalitasnya. Sudah tercatat beratus kecelakaan yang terjadi di NASCAR sejak balapan tersebut diselenggarakan. Memasuki tahun millenium sendiri, NASCAR sudah melaporkan banyaknya kecelakaan yang terjadi. Siapa saja yang jatuh ke dalam kecelakaan tersebut? Mari kita lihat rangkuman di bawah ini.

1. Ryan Newman (Daytona) – 2003

Ryan Newman merupakan pembalap yang pernah mencicipi tragisnya kecelakaan dalam kompetesi balapan yang paling brutal tersebut. Pada tahun 2003, Newman mengalami kecelakaan hebat dimana mobilnya yang seberat 1,5 ton terbang bebas dengan keadaan terbalik di udara selama beberapa detik.  Mobil bagian depannya pun jatuh mengenai tanah terlebih dahulu ketika mendarat di atas tanah. Ryan selamat dari kejadian tersebut dan sayangnya mobilnya mengalami kerusakan parah dimana tim mereka harus menghabiskan USD 7000 untuk memperbaikinya.

2. Carl Edwards (Talladega) – 2009

Balapan NASCAR yang diselenggarakan di tahun 2009, Carl Edwards melakukan sesuatu yang cukup beresiko dimana dia mencoba untuk menghalangi Brad Keselowski. Dengan memelankan mobilnya, Carl berupaya untuk mengganggu laju dari Brad. Tapi apa daya, Ryan Newman mendadak muncul dari belakang Brad dan menyenggol mobil Carl yang sedang limbung. Carl dan mobilnya pun terjungkal dan berputar-putar di sirkuit hingga menabrak pagar tribun penonton. Insiden kecelakaan tersebut melukai tujuh penonton dan Carl pun harus menyadari usahanya yang sia-sia karena Brad yang memenangkan balapan tersebut.

3. Kyle Larson (Daytona) – 2013

Tahun 2013 menjadi periode terburuk bagi Kyle Larson, dimana dia harus mengalami kejadian trauma. Di saat menjalani lap finalnya, tiba-tiba mobil Kyle di tabrak dari belakang oleh mobil lain. ‘Ciuman”‘ dari belakang ini harus membuat mobil Ktle berputar 360 derajat di udara hingga menabrak kawat pagar dari tribun penonton. Mobil Kyle hancur remuk, perbaikan mobil pun bahkan mencapai USD 250000.
4. Clint Bowyer (Daytona) – 2014

Clint Bowyer merupakan pembalap yang mendapatkan pusat perhatian diantara kecelakaan masal dari balapan tersebut. Insiden bermula dari mobil Jimmie Johnson yang tiba-tiba kehilangan bahan bakar disaat mendekati garis finish. Dengan kondisi mobil yang tiba-tiba berhenti, Jimmie pun harus ditabrak oleh  mobil-mobil di belakangnya. Ada yang menabraknya bahkan sampai meledak seperti yang dialami mobil Martin Truex. Clint Bowyer mendapatkan sorotan tajam dari penonton setelah mobilnya berputar di udara dan mendarat secara rapi kembali ketika mengenai sirkuit balapan. Clint bahkan keluar dari mobilnya dalam keadaan sehat.

Melihat banyaknya potensi kecelakaan yang terjadi dalam balapan tersebut, pihak NASCAR pun menetapkan beberapa peraturan wajib untuk keselamatan para pembalap. Untuk pembalap, diwajibkan untuk menggunakan pedal gas otomatis ketika mobil bergerak melintir dalam kecepatan tidak stabil (tinggi). Baju yang dipakai pun harus terbuat dari desain tahan api. Untuk keamanan lainnya,d iwajibkan untuk memakai perangkat pelindung leher dan helm fullface. Untuk bagian mobil, diharuskan untuk meningkatkan proteksi keamanan seperti mobil harus memiliki atap yang lebih tinggi, kokpit yang luas dan kursi dari pengemudi yang diposisikan ke tengah mobil.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.